Powered By Blogger

1.22.2011

Huruf Hiragana & Katakana

Bahasa Jepang merupakan bahasa nasional masyarakat jepang. Dan lahir melalui proses yang sangat panjang pada zaman dahulu dari china, hal itu dapat di lihat dari hurufnya yang mirip dengan huruf china.

Huruf jepang ada 3 macam yaitu: hiragana, katakana dan kanji. Huruf-huruf tersebut di pakai masyarakat jepang dalam sehari-harinya.
Pada dasarnya, huruf hiragana dan katakana bunyi nya sama namun beda tulisannya, sedangkan huruf kanji, tulisannya sangat komplek dan bunyinya pun cukup banyak huruf dari rangkaian hiragana.

Huruf hiragana adalah huruf yang memiliki satu kata atau dua kata dalam huruf romawi seperti : a,i,u,e,o
ka,ki,ku,ke,ko
sa,shi,su,se,so,
dan seterusnya…
Dan yang terpenting, huruf hiragana di pakai bila huruf kanji tidak bisa di baca, maka akan di tuliskan huruf hiragananya. Penggabungan huruf tersebut menjadi sebuah kata dan bisa di tulis lewat huruf kanji.

Huruf katakana, bunyinya sama dengan hiragana tapi beda penulisannya. Huruf ini dipakai pada kata penyerapan bahasa asing, atau untuk penulisan nama orang asing.

Huruf kanji, merupakan huruf yang kompleks, perlu keahlian khusus untuk bisa menulis atau pun membacanya. Menurut pengalaman saya, orang jepang pun ada yang tidak bisa membaca huruf kanji pada tingkat tertentu, dikarenakan jenjang pendidikan yang mengajarkan huruf tersebut berdasarkan level tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar